Nov 11, 2007

web designer pekerjaan yanng hampir punah

aku baru menjadikan web design sebagai job primaryku dan itupun secara ga sengaja. dengan modal pengalaman jungkir balik ngerjain skripsi yg berjudul " Sistem sumber daya Manusia berbasiskan web" maka aku melamar ditempat kerjaku sekarang. Jadilah sampai hari ini aku berprofesi sebagai web design amatiran.
kemaren seorang rekan berbincang padaku mengenai dunia web design. dapat 1 hantaman hebat mengenai kenyataan yg akan terjadi. jika dulu seorang web designer hanya dituntut : photoshop, fireworks, HTML dan XHTML, CSS maka sekarang nilai2 itu begeser menjadi photoshop, fireworks, HTML dan XHTML, CSS, Java, know about PHP and my Sql, terbiasa dengan ajax....
oh no!!!it's so hard....jujur..tantangan yg berat banget buat aku untuk melebarkan pengetahuan. alesan kenapa itu harus di kuasi web design karena harga sebuah website sekarang bukan lg harga yg mahal, dengan 6rts ribu kita sudah bs mendapatkan company profile site lengkap dengan database + flash.
seorang rekan itu mungkin hanya ingin aku bersiap2 agar tdk kaget dengan persaiangan nantinya, ditambah lagi dengan munculnya joomla...yah praktis web desginer hanyalah pelangkap saja! seorang rekan juga berkata "kita bisa tetep survive dengan pengetahuan design yg tidak dimiliki orang, intinya cuma terus berkaryalah..."
jadi berfikir dalam hati..loh apa bedanya web design apa web development?
kenyataan yg sudah ku lihat..hampir tidak ada bedanya, begitupun dengan pembayaran salary. seorang web design mempunyai bayaran yg hampir sama dengan seoarang web developer.....yaaaaaaah semakin males belajar krn sudah multi talented tp cuma dibayarain single telanted :(
berfikir juga..apa programmer juga akan belajar design?

web design terancam punah......aku harus mengumpulkan semangat untuk belajar ajax dan advanced javascript...tapi....tapi...aku khan tdk akan jd kepala keluaraga jadi untuk apa terus bersaing?(:D hehe..dasar pemalas). Aku hanya ingin menjadi seorang ummi yang bisa membahagikan anak dan abinya. Apaa jika aku bsa javascript, PHP & mySql abi bakal bahagia dengan aku?

0 komentar: