Feb 14, 2012

Strawberry Cheese Cake



You know..Ambitious is my middle name *ketawa ala south park* :p. Gara ngidam cheese cake tapi gw ga rela buat ngeluarin duit yg mehil bgt buat beli cheese cake di harvest, akhirnya gw memilih untuk bikin strawberry cheese cake #BukanPencitraan.

Setelaj googling sana sini, akhirnya end up lah di blognya mba ferona, disini, setelah gw baca selama 2 hari dan membayangkan step by stepnya setiap saat. Maka muncullah masalah yaotu "Loyang bongkar pasang", benda apa pulak itu ya. Gwpun tanya emak2 di twitter what the meaning of loyang bongkar pasang & dimana yg jual. Dan tnyata gw nanya di tempat yg tepat, mak @rainiw menjawab pertanyaan gw bahwa si loyang itu ada di Ace Hardware.

jam 9 malem, pulang dr ketemu client gw mampir ke Ace Hardware, beli loyang itu yg kurleb harganya 50ribu. Nah yuk action, ini dy resepnya




Ingredients
- 250 gr Biskuit Marrie. (pake yg merk marie ya biar warna dan rasanya bagus)
- 100gr unsalted butter , lelehkan (gw pake yg curah, biar ga bingung nakarinnya)

Cake
-210 gr gula pasir
- 1 kg cheese cream ( gw pake 750gr, yummy+cimory, dan tnyata enakan cimory, cheesenya berasa gurih)
- 300gr sour cream (gw pake plain yoghurt merk yummy, 125gr)
-1 sdt jeruk lemon
- 2 sdt kulit jeruk lemon

Hiasan
- 3 pack strawberry

Cara membuat
1. Siapkan loyang 22cm (gw belinya dan emang adanya yg 26 cm),olesi mentaga
2. Hancurkan biskuit hingha halus (gw ancurinnya pake ulekan yg sdh di plastikin), lalu tuangkan unsalted butter. Masukan ke dalam loyang, ratakan & tekan2 sampai padat. oven 5-10 menit
3. Kocok telor dan gula hingga kental, di tempat terpisah kocok cream cheese sampai lembut dan creamy, kemudian masukan yoghurt plain, kocok sampai menyatu. Kemudian tuangkan ke dalam kocokan telor&gula. Masukan 1 sdt air jeruk lemon dan parutan kulit jeruk
4. Tuang Adonan ke dalam adonan biskuit tadi, lalu oven dgn suhu 165c dgn metode au bain marie (nah lohhh apa pula itu, silahkan tanya mba google ;) ). Oven selama 90 menit
5. Angkat dan dinginkan di suhu ruang
6. Setelah dingin hias dgn strawberry ( gw pake strawberry oles dan strawberry tabur), kemudian tutup loyang dan masukan ke dalam kulkas, JANGAN FREEZE. Masukan kulkas selama 4 jam dannn this is it


Lesson learning : chream cheese sangat menentukan mengembang atau gak nya si cake ya buibu,jd jgn buru2 ngocok cream cheesenya :)

0 komentar: