Mar 8, 2012

Terrible two

Pernah denger kata-kata "Terrible Two"? saya baru ajah menggooglingnya. Kenapa saya googling? karena merasa butuh penjelasan dr google :D

Terrible two ini adalah masa dimana sang anak menunjukan ekplroasinya tapi masih terbatas dengan kemampuannya. yang terjadi adalah hmmm emak babehnya lebih sering urut dada :p

Saya tadinya tidak tahu apa itu terrible two dan merasa tidak perlu tau. saya cukup mendengar cerita tentang emak-emak kece yang kewalahan ngurusin toddlernya, saat itu saya tidak mengalaminya sama sekali. anak-anak saya aman terkendali. Dan ternyata advanture begin!!

Labib (3 tahun 5 bulan) anak laki-laki saya yang amat sangat manis, patuh, pengertian akhirnya masuk ke masa terrible two. saya sempet shock dan gundah gulana, karena saya berfikir labib berubah 180 derajat. Sekarang hmmmmm dia tumbuh menjadi anak laki-laki yang gemar bereksplorasi. Saya kudu minum obat sabar sebanyak-banyaknya dan coba menurunkan standard kemauan saya yg harus dia turuti.

Ga jarang rumah ini berisi yelling. i am just human being. Jadi kadang suka not on a good attitude :p. Semakin saya berteriak maka labib akan semakin mengingkari kata-kata saya, semakin saya melotot maka labib akan semakin meneruskan hal yang tidak saya sukai. yeah he just TODDLER, anak bayi yang beranjak "dewasa" dan ingin tahu semua yg dia anggap penting.

Seperti labib yang selalu belajar banyak hal, sayapun juga terus belanjar untuk menjadi ibu yang cocok untuk anak-anak. Agak teriris kalo denger gerutuannya labib yang bilang "umi galak..abang ga senang sama umi" :(..huuhuuhuh, andai kau mengerti nak :(

Kalo dulu cukup dengan kata-kata "ga usah ya main diluar, didalem ajah mainnya" sekarang kata-kata itu akan di artikan oleh labib dengan kabur-ngeloyor kerumah tetangga-nangis-nangis saat disuruh pulang -_____-"

Pernah curhat ke nenek soal ini dan nenek bilang "itu artinya abang tumbuh semakin cerdas" gitu doang loh penjelasan si nenek
pernah bilang juga ke abi "sabar ya mi...abang hanya menguji kesabaran" gitu doang loh penjelasan abi...

Hal yang penting buat saya saat menghadapi masa ini adalah jangan membiarkan perut anda kelaparan dan anda terlalu lelah karena niscaya 2 keadaan itu akan membuat anda seperti ibu tiri. wkwkwkkwkwkw. yahh saya pernah baca bahwa emosional anak itu cerminan orang tuanya, dan sialnya kata-kata itu benar :p

Kalo labib lagi "ajaib" saya mencoba untuk tidak menganggapnya, tapi kadang dy semakin showing, biasanya saya tanya "mau apa?" kalo keinginannya masih masuk akal akan saya kabulkan tapi kadang keinginannya tidak logis buat saya, maka akan terjadi negosisasi yang alot yang biasanya akan berakhir dengan aksi manyun dan masuk kamar :(

Dan labib lagi masa-masanya kopi paste, dia lagi senang-senangnya bermain. Saya akui, sosialiasi dia patut di acungi jempol, ga butuh waktu lama untuk get friend di tempat baru dan dia tipe pengamat. Apa yang dia dapat dari tempatnya bermain maka akan mentah-mentah dia bawa pulang -_____-". Ga mungkinkan kalo saya batasi pergaulannya, yang bisa saya lakukan adalah memfilter apa yang dia dapat dan menjelaskan bahwa tidak semua yang teman-temannya lakukan adalah baik.

Kadang tiap hari selalu ada Drama di rumah, huiiff....gusti allah paringi sabar. Masa terrible two ini pasti akan berakhir tanpa ada yang terintimidasi. jadi bagaimana ya menghadapi saat anak beranjak ABG nanti? *mendadak puyeng*

2 komentar:

effie netta said...

hahaha, sama mbak :D

zia juga mulai tau ngambek, jadi kl ga di turutin, dia langsung dech masuk kamar + nangis2 bombay. mau ketawa tapi ya gimanaaaa gitu :p

nidyizsme said...

mba @netta drama ohh dramaaaaaa