Oct 23, 2011

Tekwan kuah kepiting

suatu siang yg terik,tiba2 hp gw bunyi, dan tertera nama "kumis".hah tukang sayur gw ngapain nelpon,perasaan gw ga nitip apa2. tnyata oh tnyata dy nawarin kepiting yg mana mau dy antee ajah kw rumah. sip, kata gw.
*lah trs kapan posting resepnya iniih*. Dan karena gw udah kangen gilak pengen makan tekwan, akhirnya gw memberanikan diri masak tekwan pk kaldu kepiting.

Bahan bola2 tekwan:
1. udang, kupas bersih 300gr
2. 6 sdm sagu
3. 1/2 sdt garam
4. 1/2 sdt merica alus
5. 2 bawang putih, haluskan

Bumbu Kuah
1. 5 bawang putih, keprak, cincang
2. 1 sdm udang kering
3. 1 buah kepiting
4. 800cc air
5. jahe 2cm *yuk mari ambil penggaris*
6. Garam sesuai selera
7. merica sesuai selera

Cara membuat
tekwan:
cincang halus udang kemudian mixee sampai bentuknya tercabik2.di mixer ini supaya jdnya kenyal tp tetap bertekstur. setelah bentuknya ga firm lagi, masukan sagu, garam, merica. uleni sampai bahan semua tercampur. kemudian bentuk bulat2 adonan terus masukan ke air mendidih

kuah:
sangrai bawang putih sampai harum, angkat. haluskan bersama ebi. Masukan ke 800cc air yg telah mendidih, masukan kepiting., jahe setelah 10 menit angkat kepiting. Geprak cangkaknya dan bersihkan serpihan cangkak, masukan kembali ke air mendidih tadi. Kemudian masukan tekwan. masak 15 menit. boleh ditambah pelengkap jamur kuping. kemudian angkat :)

simple kan?
enaaakk lohh *chef narsis*

0 komentar: